SELAMAT DATANG (WELCOM IN MY BLOG)

Sabtu, 04 Mei 2013

Hasil Kerja Sama Tiongkok-ASEAN Selama 10 Tahun

     Wakil Direktur Departemen Asia Kementerian Perdagangan Tiongkok Liang Wenyao hari ini (28/3) menyatakan, sejak penggalangan kemitraan strategis Tiongkok dengan ASEAN selama 10 tahun, kerja sama kedua pihak dalam bidang ekonomi, perdagangan, investasi, dan pariwisata berkembang nyata. Kerja sama di bidang pertanian, energi, infrastruktur, industri produksi dan pengolahan juga terus meningkat.
     Liang Wenyao dalam pertemuan pejabat tinggi Ekspo Tiongkok-ASEAN ke-10 yang digelar di Nanning mengatakan, sejak akhir tahun 2012, jumlah total perdagangan antara Tiongkok dan ASEAN sudah mencapai US$ 400,1 miliar. Tiongkok telah menjadi mitra perdagangan terbesar bagi ASEAN.
Sejauh ini, ASEAN sudah menjadi tujuan utama investasi perusahaan Tiongkok di luar negeri. Sejauh akhir tahun 2012, jumlah investasi kedua pihak mencapai US$ 100,7 miliar. Tiongkok sudah menjadi sumber investasi asing terbesar ke-4 bagi ASEAN.
Selain itu, seiring pesatnya perkembangan ekonomi Tiongkok dan ASEAN, skala pariwisata kedua pihak juga semakin besar. Tiongkok sudah menjadi sumber wisatawan terbesar kedua bagi ASEAN, disusul Uni Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar